APLIKASI ABSENSI DAN KOMPENSASI MAHASISWA BERBASIS JAVA DAN SQL

Aplikasi Absen Menggunakan Java Dan SQL
Aplikasi Absen Dan Kompensasi Mahasiswa
Assalammualaikum,wr,wb.
Alhamdulillah, saya bisa kembali menulis artikel di blog ini, apa kabar teman-teman sekalian ? sehat-sehat saja kan ? semoga allah melindungi kita semua. pada hari ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya saat saya semester 3, saya diberi tugas oleh dosen saya ibu Ramadhani S.Kom, yang mana tugas tersebut adalaha membuat Aplikasi Absen Dan Penghitung Kompensasi Menggunakan Java Dan SQL Mahasiswa Politeknik Aceh. saya menerima tugas tersebut,  dan saya sempat berpikir, apakah saya mampu untuk membuatnya atau tidak ? dengan tekad dan perjuangan yang keras, alhamdulillah berkat bantuan-bantuan teman-teman dan dosen, dan yang lain-lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu saya dapat membuat Program tersebut sampai selesai.

Pada Dasarnya, untuk apa dosen saya memberikan saya tugas itu ? fungsinya buat apa ? sebetulnya pada saat itu dikampus saya Politeknik Aceh, Ada yang namanya Kompensasi, Kompensasi merupakan segala sesuatu yang diterima dapat berupa fisik maupun non fisik dan harus dihitung dan diberikan kepada seseorang. jadi misalnya ada mahasiswa yang tidak hadir, maka sebagai gantinya merekah harus membayar dalam bentuk kerja / jam, untuk menutupi kehadiran mereka yang tidak datang saat jam kampus. maksud membayar disini bukan dalam bentuk uang ya, tetapi dalam bentuk kerja sama dosen, kerja nya bisa apa saja, terantung dengan dosen.

Untuk menghitung kompensasi, untuk tidak hadir 1 hari itu dihitung 8 jam, jadi jika tidak hadir selama 5 hari kalikan saja 8 jam x 5 hari = 40 Jam kerja. nah, dikampus saya untuk menghitung itu masih menggunakan manual pada saat itu, maka dari itu saya membuat Aplikasinya menggunakan Java Editor JCreator, jika anda ingin membuat dengan aplikasi lain ya boleh saja seperti Netbeans, Eclipse, dll. tetapi dikampus saya, kami dilatih untuk tidak manja.. 

rasanya tidak lengkap jika aplikasi tersbut saya buat untuk menghitung kompensasi saja, maka dari itu saya tambahkan beberapa menu lain, seperti Absensi dan Daftar Piket, sehingga bisa mempermudah dosen. aplikasi ini juga saya lengkapi dengan Report nya, jadi jika habis semester, aplikasi dengan sendiri menghitung berapa banyak kompen mahasiswa dan secara automatis akan di cetak. untuk datanya saya simpan kedalam Database SQL ..

Alhamdulillah saya sudah selesai membuat Aplikasi Absen Dan Penghitung Kompensasi Menggunakan Java Dan SQL  Berikut adalah video yang saya rekam baru-baru aja.


Note : Jika teman-teman ingin belajar dan ingin Source code java dari program ini, dapat menghubungi saya pada form kontak yang telah disediakan. atau bisa menghubungi di nomor 082165654095. untuk manual book bisa teman-teman download disini

Sekian dari saya, semoga bermanfaat untuk semua, wassalam.

lihat juga : APLIKASI PENDAFTARAN NIKAH DAN PENGGUGATAN CERAI BERBASIS JAVA DAN SQL

0 Response to "APLIKASI ABSENSI DAN KOMPENSASI MAHASISWA BERBASIS JAVA DAN SQL"