How To | Mengamankan Password dengan KeePassX

Assalammuaaikum,wr,wb
beberapa hari yang lalu saya mengikuti workshop beserta seminar tentang penyadapan intenet di Indonesian Data Center atau IDC tepatnya di gedung cyber jakarta, kuningan. pada saat itu ada beberapa narasumber ada dari Ngage Media, IDC, Relawan TIK, dan masih banyak lagi narasumber yang tidak bisa saya ucapkan satu persatu, karena saya lupa, wkwkwk.

pada saat itu kami diberi materi dan penjelasan kenapa bisa terjadi penyadapan  oleh pihak lain. di indonesia sendiri seperti yang kita ketahui bahwa negara kangguru telah menyadap presiden kita, yang saat itu dipimpin oleh bapak SBY. 

apakah kita tidak merasa terganggu apabila kita sedang bercakap-cakap tiba-tiba ternyata ada yang mendengar percakapan kita, itu memubat kita risih, pada pembahasan ini saya tidak membahas tentang penyadapan, saya akan membahas bagaimana cara mengamankan password kita, agar tidak mudah dibobol dengan hacker-hacker, bisa dibilang gitu. heheh.

ada beberapa langkah untuk mengaman password anda dari orang-orang jahil. menurut saya sebagai berikut.
Panjang password,  usahakan password anda lebih dari 12 digit, kenapa demikian ? karena jika dibawah 12, mudah saja password anda di pecahkan, tidak sampai 1 hari untuk mendapatkan.
Karakter, gunakan karakter yang berberda-beda, jangan sekali-kali anda membuat password anda dengan huruf saja, misalnya akuganteng, usahakan membuat password yang rumit yang anda pun tidak sanggup mengingatnya. contoh !@#$%^11100011FQQQYUI)(*&^$$#@
1 password untuk semua akun, usahakan jika anda memiliki banyak akun, gunakan password nya berbeda-beda.dan jangn juga membuat password anda dengan tanggal lahir anda
Update password 3 bulan sekali, ushakan update password anda 3 bulan sekali.
diatas saya dapatkan ketika saya mengikuti workshop pada saat itu, ada juga hal yang lebih mudahnya lagi, untuk mengamankan password anda. caranya adalah menggunakan Aplikasi KeePassX, aplikasi ini anda bisa membuat sendiri password anda dengan panjang karakter terserah anda, dan bisa juga di generate password anda..

KeePassX adalah alat yang sangat handal dan mudah digunakan untuk membantu Anda menyimpan dan mengatur passwords Anda di sebuah database yang sangat aman. Anda dapat menaruh database dan program KeePassX di dalam USB/flashdisk dan membawanya kemana-mana. Database tersebut dilindungi oleh master password (kata kunci utama) yang Anda ciptakan. Password ini juga digunakan untuk mengenkripsi seluruh isi dari database tersebut. Anda dapat menyimpan seluruh password Anda di KeePass atau menyuruh perangkat lunak tersebut menciptakan password untuk Anda. KeePass tidak memerlukan pengaturan awal atau instruksi spesifik untuk memasang / instalasi. KeePass dapat digunakan kapan saja Anda siap.
Bagaimana cara install nya, ikuti langkah dibawah ini

jika anda pengguna linux, anda bisa membuka software center dan ketikan KeePassX, jika anda pengguna Windows juga bisa download langsung di website resminya https://www.keepassx.org/

Install KeePassX Linux

bisa juga menggunakan CLI / terminal linux.
apt-get install keepassx
Install KeePassX

bagaimana cara penggunaanya ? lihat video dibawah ini :



                   

0 Response to "How To | Mengamankan Password dengan KeePassX"