How To | Monitoring Traffic And Usage Bandwidth On Linux Ubuntu

Vnstat and Vstati
Vnstati Monitor Traffic

Assalammualaikum,wr,wb
pada pembahasan ini saya akan membahas tentang monitoring trafik jaringan dan monitoring penggunaan bandwidth. tools yang saya gunakan adalah Vnstat & Vnstati, yang mana fungsi-fungsi dari tool ini memiliki hal yang sama akan tetapi tampilan nya saja mungkin agak berbeda, kenapa demikian ? seperti yang sudah saya coba, bahwa Vnstat hanya menampilkan hasil berupa Text, sedangkan Vnstati menampilkan dalam bentuk Graphic.

masih banyak juga tool-tool monitoring lainya, pada pembahasan ini kebetulan saya mencoba tool ini, dan membagikan nya ke kawan-kawan semua. bagaimana cara penginstallanya ? mudah kok. ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Install Vnstat dan Vnstati
apt-get install vnstat
apt-get install vnstati
Setting Interface eth0 / wlan0
vnstat -u -i wlan0
Or
vnstat -u -eth0
Menghidupkan service
service vnstat start
 Penggunaan Vnstat
vnstat -i wlan0
vnstat -i eth0
 Monitor perjam
vnstat -h -i wlan0
 Monitor perbulan
vnstat -m -i wlan0
 Monitor perminggu
vnstat -w -i wlan0
 Monitor 10 teratas yang menggunakan jaringan
 vnstat -l -i wlan0
 Penggunaan Vnstati
vnstati -s -i wlan0 -o /home/alfi.png
 *isikan nama gambar nya dan di letakkan difolder mana.

sekian tutorial dari saya, nanti bakal saya kasih videonya juga, lebih dan kurang saya mohon maaf. wassalam

0 Response to "How To | Monitoring Traffic And Usage Bandwidth On Linux Ubuntu"