Transmiter Radio Raspberry Pi (Pirate Pi)


Transmiter Radio Projects Raspberry Pi (Pirate Pi)

Transmiter Radio Raspberry Pi (Pirate Pi)
Transmiter Radio Raspberry Pi (Pirate Pi)


Assalammualaikum,wr,wb

Banda Aceh (13/11/2015), Kegiatan Ekstrakurikuler atau Eskul Jaringan dan Robotic  mulai berkembang dari hari kehari dengan membuat project setiap 1x pertemuan dalam seminggu. Project ini dikerjakan langsung oleh Mahasiswa Teknik Informatika Semester 1, yang mana mereka memiliki semangat belajar yang tinggi dalam pembelajaran Jaringan dan Robotic yang dibimbing oleh Jobs Team Project.

Lihat juga: Project X Baloon Pi (Pengetesan Quadcopter)

Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak universitas maupun mahasiswa/i itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran kampus.
(oleh wikipedia)

pada kesempatan kali ini, tim eskul Jaringan Dan Robotic, mencoba membuat sebuah prototype Projects Raspberry Transmiter radio menggunakan Raspberry Pi yang sering disebut Pirate Radio / Radio Bajak Laut.


Pirate Radio / Radio Bajak Laut adalah transmisi illegal radio atau tidak di gunakan untuk hiburan atau tujuan politik. radio bajak laut umumnya seperti siaran tanpa izin dari penyedia radio FM atau radio AM atau sinyal gelombang dari pemerintah. 

Pirate radio dianggap ilegal karena format transmisinya atau frekuensi nya tidak mengikuti peraturan yang ada.  jadi secara teknisnya, disini kita membuat frekuensi sendiri tetapi untuk disini kita hanya untuk pembelajaran saja, agar mahasiswa dapat mengerti pembelajaran yang telah diikuti.

Kegiatan Eskul Jaringan dan Robotic ini di bimbing langsung oleh Tim dari Jobs Team Project (Muhammad Alfi dan Hernu Efvendi) yang mana mereka adalah salah satu penggiat raspberry pi di Aceh.

Percobaan ini bersifat untuk pembelajaran, jadi jangan di coba untuk keperluan lain. untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dokumentasinya.

0 Response to "Transmiter Radio Raspberry Pi (Pirate Pi)"