Aplikasi Chatting Multiclient-Server Java Dengan Raspberry Pi

Aplikasi Chatting Multiclient-Server Java Dengan Raspberry Pi


Aplikasi Chatting Client-Server Java Dengan Raspberry Pi
Tampilan Aplikasi SMS

Assalammualaikum,wr,wb
Selamat pagi teman-teman, sudah lama tidak memposting artikel dikarenakan sibuk dengan urusan kuliah, maklum saja, mahasiswa tingkat akhir jadi waktunya habis di kampus, bermalam di kampus.
pada kesempatan ini saya akan mengenalkan Aplikasi Chatting Multiclient-Server yang saya beri nama SMS ( Sapa Mandum Syedara ), nama itu menggunakan bahasa Aceh yang mana artinya adalah Sapa Semua Saudara. nama itu terlintas aja dipikiran saya, soalnya tidak tau mau kasih nama apa aplikasi ini. hehehe

Aplikasi Chatting Multiclient-Server ini saya menggunakan Raspberry Pi sebagai Servernya. kenapa saya menggunakan Raspberry Pi ? dikarenakan Raspberry Pi bentuk fisiknya kecil dan mudah dibawa kemana-mana sehingga saya bisa membuat forum chatting lokal bersama teman-teman disekeliling saya.

Aplikasi ini menggunakan pemograman java visual, editornya saya menggunakan JCreator, anda bisa menggunakan editor lain seperti : Gel, Netbeans, Eclipse, dll. untuk membuah sebuah aplikasi ini, kita harus memahami tentang Pemograman Jaringan. membuat aplikasi chatting bisa menggunakan 2 Socket yang berbeda, TCP Socket dan UDP Socket.

TCP Socket, sebagai salah satu protokol untuk komunikasi dari alamat IP sebagai alamat dari socket. pada TCP/IP terdapat port-port khusus untuk komunikasi seperti port 21untuk FTP, port 25 untuk telnet/email, port 80 untuk Http. link komunikasi yang diciptakan  melalui TCP/IP socket merupakan link yang berorientasi-koneksi.

UDP Socket, juga disebut sebagai Datagram Socket, datagram socket bersifat connectionless. maksudnya koneksi antara klien  dan server tidak dipertahankan selama proses dialog client-server berlangsung.

itu beberapa pengertian dari TCP Socket dan UDP Socket, mungkin tidak sabar lagi untuk mencoba aplikasi ini, saya akan memberi secara cuma-cuma aplikasi ini, dengan syarat apabila mengedit aplikasi ini, jangan lupa cantumkan juga sumbernya dari mana, agar kita dapat menghargai hasil jerih payah keringat orang lain. silahkan di bagi-bagi source code ini. agar semua orang bisa membuatnya.
terima kasih wassalam.

Link Video : http://bit.ly/1KkjXf8

Link Download Source Code : http://bit.ly/1nGYR0F

0 Response to "Aplikasi Chatting Multiclient-Server Java Dengan Raspberry Pi"